Wednesday, July 2, 2014

Jaringan 4G LTE Diciptakan Oleh Orang Indonesia


Lichovid - Taukah anda bahwa penemu jaringan 4G LTE adalah asli orang Indonesia. Sebelum membahas siapakah penemu jaringan tersebut, kita harus tau dulu apasih jaringan 4G LTE itu.

LTE adalah singkatan dari Long Term Evolution yaitu jaringan yang berbasis GSM. Sebernanya jaringan ini adalah evolusi dari jaringan - jaringan sebelumnya yaitu 2G, 3G, 3.5G dan 3.7G, dan jaringan ini juga pastinya lebih kuat dan cepat dari jaringan sebelumnya, coba kita lihat dari kecepatan downloadnya saja mencapai 300Mbps dan kecepatan uploadnya mencapai 75Mbps. Wow cepat sekali ya, dengan  jaringan 4G LTE ini kita bisa merasakan yang namanya kepuasan dalam berinternet.

Tapi jangan senang dulu, karna di Indonesia jaringan tersebut baru ada di beberapa kota saja seperti Jakarta dan Bali, kecepatannya pun belum sama seperti standar kecepatan LTE yang sesungguhnya, hanya dengan kecepatan download maksimal 100Mbps dan Upload 5Mbps, berbeda jauh sekali dengan kecepatan standar jaringan LTE.

Padahal yang membuat jaringan LTE ini adalah asli orang Indonesia yaitu Prof. Dr. Khoirul Anwar. Ia adalah alumni ITB Teknik Elektro yang lulus di tahun 2000 dengan mendapatkan nilai IP cumlaude, kemudian melanjutkan pendidikan di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) dan memperoleh gelar master di tahun 2005 serta doktor di tahun 2008. Beliau juga penerima IEEE Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) tahun 2006, di California. dan ia pun tetap melanjutkan penemuan -penemuannya di luar negri dan akhirnya dia menciptakan jaringan LTE ini.

Image : Prof. Dr. Khoirul Anwar

Di luar negeri, jaringan ini sudah di tetapkan menjadi jaringan standar mereka, seperti di Inggris dan Amerika. Padahal boleh dikatakan mereka bukanlah penemunya, tapi karna negara tersebut tidak seperti Indonesia yang tidak bisa membiayai orang - orang berprestasi seperti Khoirul Anwar, sehingga negara lain lah yang menikmatinya. Indonesia bukannya tidak bisa, tapi karna dananya telah "Kemakan" dulu, ya,, mau dibuat apa lagi.

Tapi banyak rumor bahwa Indonesia juga akan segera merilis Jaringan LTE tersebut, tapi banyak juga kendalanya. seperti apa yang dikatakan oleh PT Telekomunikasi Telkomsel kepada pemerintah bahwa masih banyak yang harus diperbaiki dan ditata ulang, seperti untuk menata ulang kanal di spektrum frekuensi 1.800MHz sebelum layanan internet mobile generasi keempat (4G) Long Term Evolution (LTE) digelar di Indonesia. dan juga Perusahaan ini memintah juga kepada pemerintah untuk menambah kanal spektrum frekuensi lagi agar jaringan jadi lebih baik dan sempurna. Dan itu juga telah disetujui oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

19 komentar

Kren banget ..
jadi ingin mencobanya
salam kenal..
minta komentarnya tentang kue ini
http://resepberbagaikueenak.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-banana-cake.html

Ya elah, ternyata LTE dari indonesia penemunya, asli baru tahu.
PR besar ni buat pemerintah indonesia.
Nice post gan, sangat membangun motivasi.

wahh hebat ternyata penemu jaringan 4G LTE ternyata orang indonesia, salut dehh :) nice info :)

wah saya heran ama orang indonesia
hebat hebat tapi tidak didukung

Orang indonesia hebat2 men sebenarnya,tapi pemerintahnya kurang peka :3 backnya gan http://blog.king-rizal.co

keren gan indonesia sudah mampu menciptakan jaringan 4G

wih baru tau ane gan org Indonesia yang buat :o
mudah mudahan Indonesia semakin maju dan enggak jadi negara berkembang lagi.

wahhh ternyata orang indonesia juga hebat hebat ya gan (y)

wahh keren gan,,ternyata orang indonesia kreatif,,hehehe :) infonya sngt bermanfaat gan...

wahh keren gan,,ternyata orang indonesia kreatif,,hehehe :) infonya sngt bermanfaat gan...

TErnyata orang indonesia penciptanya tp knp indonesia blm memasang jaringanya

indonesia itu hebat. tp kitanya aja yg ga mau ngakuin

Keren banget nih 4G LTE..
Hp support tapi kaga ada sinyalnya.. Haha..
Nice post gan..

semoga semakin bermunculan penemu/penelitan yg dari indonesia

komen OOT, templatenya sama kaya punyaku yah :)
tp klo ini banyak yg komen jg :)
Klo punyaku sepi :)
siomponk.com

keren tuh penciptanya, semoga lebih banyak lagi yang berkarya dari indonesia


EmoticonEmoticon